Gunung Prau Dieng

Gunung Prau Dieng

Dengan maraknya kegiatan seperti mendaki gunung, ada banyak sekali pemula yang mengawali pendakian pertamanya dengan mulai menaklukkan gunung yang mempunyai tingkat kesulitan rendah. Untuk hal ini, salah satu gunung yang tidak lepas menjadi incaran adalah Gunung Prau Dieng. Para pendaki memilih Gunung Prau Dieng memang bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan Gunung Prau Dieng termasuk gunung yang lebih mudah ditaklukkan. Oleh karena itu Gunung Prau Dieng sangat cocok dijadikan sebagai tujuan pendaki pemula untuk mendapatkan pengalaman pendakian pertamanya.

Dinginnya Gunung Prau

Bila kita melihat dari ketinggiannya, Gunung Prau Dieng mempunyai titik tertinggi yang berada di dataran tinggi Dieng, yaitu berada di 2565 mpdl. Dengan ketinggian yang lumayan ini, saat kita melakukan pendakian, kita akan merasakan hawa dingin yang menusuk tulang, bahkan di bagian puncaknya, hawa akan menjadi semakin dingin. Untuk gambaran dinginnya Gunung Prau Dieng, jika Anda merebus air hingga mendidih, hanya membiarkannya selama beberapa menit, air tersebut bisa langsung dingin. Sudah bisa dibayangkan bukan seperti apa dinginnya Gunung Prau Dieng ini.

Ramainya Gunung Prau Dieng

Karena begitu tenarnya Gunung Prau Dieng, Gunung Prau Dieng tidak pernah sepi pendaki, di hari-hari libur, Gunung Prau Dieng sering dipadati oleh pendaki, terlebih menjelang libur panjang, jumlah pendaki dari Gunung Prau Dieng bisa mencapai ribuan orang. Namun, sayangnya dari ribuan orang yang mendaki Gunung Prau Dieng, ada saja yang mengalami kecelakaan karena kurangnya pengalaman sehingga pendaki mengalami kecelakaan serius. Kecelakaan ini dikarenakan pendaki kedinginan, pinsan, terkilir hingga kelelahan.

Persiapan sebelum mendaki Gunung Prau Dieng

Agar bisa menghindari kejadian tersebut, ada berbagai macam persiapan matang yang harus Anda lakukan sebelum melakukan kegiatan pendakian, meskipun puncak Gunung Prau Dieng dapat Anda capai dalam kurun waktu beberapa jam, namun jangan menyepelekan persiapan ini, karena dapat menjadi kesalahan yang fatal. Bekal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan pendakian seperti pakaian hangat dan logistik selain itu lakukan olahraga secara teratur beberapa hari sebelum melakukan pendakian agar tubuh Anda lebih fit.

Perjalanan Gunung Prau Dieng

Untuk mencapai puncak Gunung Prau Dieng, Anda dapat melewati 3 jalur pendakian yakni Jalur Pranten, Jalur Patak Banteng dan Jalur Kenjuran. Jalur yang sering dilewati ialah Jalur Patak Banteng. Bila Anda mendaki menggunakan jalur ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat asri seperti hamparan lahan sayur dan tebing yang curam. Sesampainya Anda di basecamp, Anda akan disambut dengan udara yang sangat sejuk dan menyegarkan, karena letaknya yang berada di dataran tinggi. semakin tinggi Anda mendaki, pemandangan akan terlihat semakin kecil puncaknya Anda akan mendapati area yang landai dan lapang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *