Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng adalah salah satu kawasan aktif yang secara administratif berada di area wisata Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegera, Jawa Tengah. Kawah Sikidang dikelola langsung oleh pemerintah terkait setempat dan masuk di dalam direktori wisata sebagai daerah kunjungan wisata utama di Dataran Tinggi Dieng. Kawah Sikidang Dieng merupakan sebuah kawah vulkanik aktif yang terbentuk akibat letusan Gunung Dieng pada ribuan tahun silam sehingga kini hanya menyisakan satu kapundan kawah utama saja. Kandungan zat yang terdapat di dalam Kawah Sikidang ini tidaklah berbahaya karena hanya mengandung senyawa sulfur atau belerang jadi sangatlah aman dikunjungi oleh para wisatawan. Para wisatawan dianjurkan menggunakan penutup mulut dan hidung atau masker untuk mengurangi bau belerang yang agak menyengat sehingga bisa menikmati perjalanan wisata ke obyek wisata Kawah Sikidang Dieng.

Kawah Sikidang adalah salah satu obyek wisata popular di Dieng Plateau dan sering dibanjiri oleh banyak wisatawan apalagi ketika weekend tiba. Kawah Sikidang yang terletak di lereng Gunung Pangonan ini mampu menyedot ribuan wisatawan karena panorama alamnya terlihat sangat  menakjubkan dan kawahnya pun terlihat unik. Kawah Sikidang adalah sebuah nama obyek wisata Dieng yang memiliki arti makna tersendiri. Penduduk sekitar sering menamakan kidang adalah sebuah kijang yaitu rusa yang pastinya ada kaitanya dengan asal usul nama Kawah Sikidang. Kawah Sikidang memang sangatlah unik dibanding dengan kawah-kawah lainnya karena kawah utamanya sering berpindah-pindah tempat seperti lompatan kijang. Jadi inilah yang menyebabkan penduduk lokal setempat menamakan kawah tersebut sebagai Kawah Sikidang karena kawah utamanya sering berpindah-pindah tempat sesukanya. Selain kawahnya unik, kawah Sikidang ini sangatlah mudah dijangkau oleh para wisatawan karena masih di satu kawasan dengan obyek wisata Telaga Warna ataupun Komplek Candi Arjuna Dieng.

Area Kawah Sikidang memang cocok sebagai wahana penelitian ataupun sekedar untuk menikmati keagungan alam sang pencipta. Anda dapat menyaksikan secara langsung air kawah mendidih seperti lumpur panas yang berasal dari perut bumi dengan jarak yang sangat dekat yaitu sekitar 1 hingga 2 meter saja yang telah di beri pagar pengaman agar para wisatan tidak ceroboh mendekati bibir kawah. Corak warna-warni kontras dapat Anda saksikan di Kawah Sikidang seperti perpaduan antara tanah belerang berwarna putih bersih, asap membumbung tinggi serta pegunungan hijau memagari area ini jadi sangat cocok untuk mengeluarkan bakat Anda dibidang Photography landscape. Bagi Anda yang suka akan trekking, Anda bisa mendaki bukit mungil yang berada disekitar kawah utama. Panorama alam yang dapat disaksikan dari puncak bukit sangatlah indah dan sangat leluasa hampir semua kawasan Kawah Sikidang tampak sangat elok.

Tidak hanya keindahan alamnya yang bisa wisatawan saksikan saat mengunjungi kawah Sikidang. Disini Anda juga bisa mencicipi bagaimana rasanya telur yang direbus di dalam air kawah. Tidak hanya itu saja ada hal-hal menarik lainnya seperti naik trail/ATV, foto naik kuda, foto bersama aneka macam burung hantu baik menggunakan kamera sendiri atau foto langsung jadi serta bisa mendengarkan alunan music angklung nan syahdu. Di area kawasan Sikidang juga terdapat pasar wisata dimana para penduduk lokal menjajakan hasil bumi segar mereka seperti kentang, wortel, buah carica, terung belanda, cabe Dieng dan lain sebagainya yang bisa Anda bawa untuk oleh-oleh dari wisata di Dieng Plateau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *